3 Macam Patah Hati dan Bagaimana Cara Moveon

Uli Saragih
3 min readJun 21, 2024

--

Photo by Luis Villasmil on Unsplash

Disclaimer : Ini adalah hasil rumusan dari analisa dan observasi penulis dalam waktu yg cukup lama. Semoga bisa membantu para pembaca yang sedang berjuang untuk move on!

Jadi analisa saya, patah hati itu sebabnya hanya 3 yaitu

Pertama : cinta bertepuk sebelah tangan

Kedua : pengkhianatan

Ketiga : keadaan

1. Cinta bertepuk sebelah tangan

Ini adalah jenis patah hati yang disebabkan karna cinta yang tidak terbalas, atau yg biasa disebut dengan cinta bertepuk sebelah tangan atau cinta sendirian.

Jika mencintai adalah hak semua orang, maka menolak cinta juga merupakan hak bagi mereka. Kita tidak bisa memaksa seseorang untuk mencintai balik.

Tapi satu hal yang harus diperhatikan. Confess!

Karena ternyata banyak orang yang mencintai dalam diam dan kemudian ‘merasa patah hati’ padahal orang yang dicintai eh ternyata memiliki perasaan yang sama dengannya. Perasaannya terbalas! Tapi percuma sih kalau ternyata dia sudah memiliki pasangan. Nyesel deh kenapa ga dari dulu confessnya, ya kan?

Anyway, ini adalah patah hati yang paling ringan. Cara terbaik untuk sembuh dari patah hati ini adalah dengan meninggalkan dan berhenti berharap kepadanya. Yang terpenting adalah Anda sudah confess dan mendapatkan kepastian jawaban dari doi sehingga Anda bisa berhenti mencintainya dan moveon dengan langkah yang mantap!

2. Pengkhianatan

Patah hati ini terjadi ketika dua orang yang sudah berada dalam hubungan kemudian salah satu dari melakukan perselingkuhan.

Patah hati ini lebih menyakitkan dibanding patah hati karna cinta bertepuk sebelah tangan.

Hal ini disebabkan karna seseorang itu telah menjadi ‘rumah’ baginya.

Ada 2 pilihan yang bisa Anda ambil untuk bisa move on, yaitu melanjutkan atau mengakhiri hubungan.

Disini perasaan dan logika Anda akan bersiteru. Dari sisi perasaan, tentu saja Anda masih sangat mencintainya. Tapi dari sisi logika, Anda tentu tidak bisa menerima perbuatan bejatnya.

Kalau pilih melanjutkan hubungan, maka anda harus siap dengan konsekuensi rasa trauma dan curiga yang terus membayangi anda.

Ingat, kepercayaan adalah kunci dari sebuah hubungan dan ketika kepercayaan itu telah dirusak oleh perselingkuhan, maka hal terbijak adalah mengakhiri hubungan.

3. Terpisah karna Keadaan

Patah hati ini terjadi disebabkan oleh pihak luar, seperti perbedaan agama, terhalang restu, ditinggal mati atau hal lainnya yang membuat kalian tidak bisa bersama.

Kita sama-sama baik, tapi baiknya gak bersama.

Ini adalah jenis patah hati yang paling menyakitkan dan sangat sulit untuk sembuh. Karna dari sisi perasaaan, kalian masih saling mencintai dan dari sisi logika, dia tidak melakukan kesalahan ataupun perselingkuhan sehingga Anda tidak memiliki alasan untuk membencinya.

Karna perasaan dan logika Anda yang sejalan, maka keputusan untuk berpisah sangatlah sulit.

Satu-satunya pilihan yang bisa Anda lakukan adalah menerima perpisahan itu dengan rasa percaya pada Tuhan bahwa ada hikmah dibaliknya.

Jadi untuk bisa sembuh dari patah hati ini bukan lagi mempertimbangkan perasaan dan logika, tetapi juga melibatkan iman.

Ketika patah hatimu disebabkan karna keadaan, berusahalah untuk percaya bahwa takdir Tuhan itu selalu baik. Karna Tuhan yang Maha Mengetahui, termasuk mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa jadi, suatu hari nanti justru kamu bersyukur tidak berjodoh dengan seorang yang sedang kamu tangisi sekarang.

Semoga bermanfaat 🌻

ulissaragih-

--

--