Ketika Tulisan di Draft Lebih Banyak daripada yang Terpublish

Uli Saragih
1 min readApr 22, 2024

--

Photo by Oleg Didenko on Unsplash

Seringkali terjadi. Disaat aku tidak menyelesaikan tulisanku dan memilih berhenti menulis disaat pikiranku stuck. Padahal tak tanggung-tanggung waktu yang kuhabiskan untuk menulis, sekitar hampir 1 jam tapi nyatanya tulisanku hanya berakhir di draft.

Alasannya? Ada perasaan ragu dan sedikit malu jika tulisanku terkesan receh.

Padahal “Done is better than perfect”.

Lagi pula, jika kita membagikan informasi, ya targetnya adalah orang yang tidak memiliki informasi tersebut. Kalaupun mereka sudah mengetahui, maka itu bisa menjadi reminder bagi yang sudah tahu.

Saya jadi teringat, kemarin saya mencari tahu bagaimana cara melelehkan coklat putih, karna selama ini saya selalu gagal. Saya sangat senang ketika banyak video yang membagikan tipsnya.

Ya mungkin bagi kebanyakan orang, melelehkan coklat putih itu sepele, tapi saya benar-benar tidak tahu caranya. Karna coklat yg berwarna coklat dengan coklat yang berwarna selain coklat itu beda cara melelehkannya. Dan saya butuh tipsnya.

Jadi?

Coba buka kembali isi draft anda. Lihat dan selesaikanlah.

Selamat menulis kembali !

🌻

--

--