Pacaran vs Pernikahan

Uli Saragih
3 min readJun 20, 2024
Photo by The HK Photo Company on Unsplash

Malam ini saya ingin menyelesaikan tulisan saya yang ini dikarenakan saya barusan saja terinspirasi dari menyimak obrolan adik-adik saya di grup WA. Meskipun kepala saya sedang pusing dan tidak enak badan, tapi rasa semangat saya ternyata mampu menepis rasa lelah itu.

Well, saya suka sekali menghabiskan waktu untuk menganalisa sesuatu bahkan sampai saya buatkan rumusnya sendiri. Meskipun hanya opini, tapi saya rasa cukup valid dan mewakili.

Pacaran = relationship Pernikahan=relationship + partnership

Relationship itu hanya sekedar hubungan sedangkan partnership adalah hubungan yang memiliki tujuan.

Relationship = cinta -> ketenenangan hati Partnership = nilai-> ketenangan hidup

Dari cinta, kita bisa menemukan ketenangan hati. Hati kita rasanya menjadi nyaman dan tenang. Tapi dari nilai dan karakter seseorang yg kita jadikan pasangan maka kita bisa menemukan ketenangan hidup.

Pacaran jika sebatas relationship

Makanya tidak heran kalau banyak orang yang berpacaran bertahun-tahun tapi tidak sampai menikah. Kenapa? Karna kebanyakan pacaran itu ya hanya sekedar relationship. Sekedar berhubungan tapi tidak ada tujuan.

--

--